RPP AQIDAH KELAS X (IMAN KEPADA MALAIKAT-MALAIKAT)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas/Semester : X/2
Aspek : Akidah
Alokasi Waktu : 3 X 3 Jam Pelajaran ( @ 45 ment )
A.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
v Kompetensi Dasar :
3.6 Memahami makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4 Berperilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
v Indikator :
1.
Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat.
2.
Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat.
3.
Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
4.
Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada malaikat.
5.
Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai cerminan iman
kepada malaikat.
6.
Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman kepada
Malaikat
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
v
Siswa diharapkan mampu untuk :
1.
Mampu menjelaskan pengertian beriman kepada
Malaikat.
2.
Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada
Malaikat.
3.
Menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Malaikat.
4.
Mampu menampilkan contoh-contoh perilaku beriman
kepada malaikat.
5.
Mampu menampilkan perilaku mulia sebagai
cerminan iman kepada malaikat.
6.
Membedakan orang yang beriman dan tidak beriman
kepada Malaikat.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
لَ
Artinya: “Malaikat-malaikatyangtidakpernah
mendurhakai Allah swt. terhadap apa yang telah diperintahkan-Nya kepada mereka
dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At Tahrim: 6).
A. Penciptaan
Malaikat dan Tugasnya
Allah swt.telah menciptakan malaikat dari cahaya
(nur) sebagaimana Allah telah menciptakan manusia dari tanah dan jin dari api.
Rasulullah saw. bersabda.
خَلَقْتُ الْمَلاَئِكَةَ مِنْ
نُوْرٍ وَخَلَقَ الْجِنِّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَّارٍ وَخَلَقَ اَدَمَ مِمَّاوَصِفَ
لَكُمْ (رواه مسلم)
Artinya: Malaikat Aku (Allah) ciptakan dari cahaya, jin
diciptakan dari api, dan Adam dari apa yang telah diterangkan pada kamu
semua." (HR Muslim).
B.
Fungsi Iman kepada Malaikat
Dengan memahami dalil naqli dan aqlinya, kita akan memahami pula manfaat
beriman pada malaikat dalam kehidupan. Hal tersebut niscaya akan membuahkan
bermacam manfaat yang penting dan tidak ternilai harganya. Manfaat-manfaat itu
antara lain sebagai berikut.
1.
Iman Kita akan Menjadi Bertambah Kuat
2.
Selalu Berhati-hati dalam Setiap Perbuatan, Perkataan,
maupun Niat
3.
Menambah Ketaatan Beribadah
4.
Tidak Takut Menghadapi Mati
5.
Memperteguh Pendirian dalam Menegakkan Kebenaran
C.
Hikmah Penghayatan terhadap Malaikat
hikmah penghayatan terhadap iman kepada Allah adalah sebagai berikut.
1.
Berusaha untuk selalu bertakwa kepada Allah di mana pun
berada. Pesan Rasulullah saw dalam sabdanya.
اِتَّقُوا
اللهَ اَيْنَ مَاتَكُوْ نُوْا (رواه احمدوالتمذي)
Artinya: "Bertakwalah kepada Allah di mana saja kamu
berada."(HR Ahmad dan At Turmuzi).
2.
Berupaya untuk selalu berbuat kebaikan karena dia yakin
akan mendapat imbalan pahala dari Allah swt. sebagaimana firman-Nya.
Artinya: Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberatzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. (QS Az Zalzalah: 7)
3.
Mampu menghindari diri dari perbuatan-perbuatan tercela yang
mengakibatkan dosa. Firman Allah swt.
Artinya: “Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun niscaya dia melihat balasannya." (QS Az Zalzalah: 8).
D.
Hikmah Beriman terhadap Malaikat
Iman yang sempurna harus memiliki perwujudan dalam kehidupan pada setiap
pribadi muslim. Beberapa contoh penghayatan terhadap iman kepada malaikat
adalah sebagai berikut.
1.
Seorang mukmin harus senantiasa merasa gembira dan
bersyukur karena didoakan supaya diampuni dosanya, dipelihara dari kesalahan,
dan dimasukkan surga oleh para malaikat.
2.
Rajin melakukan ibadah, khususnya salat.
3.
Rajin salat berjemaah.
4.
Rajin membaca AI Quran.
D. METODE
PEMBELAJARAN
Diskusi , tanya jawab dan Praktek
E. MEDIA, ALAT DAN SUMBER
PEMBELAJARAN
v Media dan Alat Pembelajaran :
1. LCD
2. Lingkungan sekitar
v Sumber Pembelajaran :
1.
Quran
dan terjemah Depag RI
2.
Buku
PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMK Penerbit Airlangga
PERTEMUAN 1
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal ( 20 Menit )
v Gurumembuka atau memulai pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama yang dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan khusu.
v Guru menyapa peserta didik dengan
memberikan motivasi
v Guru meminta seorang peserta didik
membacakan Q.S. At Tahrim :
6, tentang iman kepada malaikat Allah.
v Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif yang berkenaan dengan tentang iman kepada malaikat Allah.
v Guru menjelaskan secara kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
v Guru menyampaikan tahapan kegiatan
pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data (eksplorasi),
mengaosiasi dan mengkomunikasikan iman kepada Malaikat Allah.
b. Kegiatan
Inti ( 100 Menit )
Dalam kegiatan inti, guru melakukan
beberapa kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
Ø
Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh perilaku beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
Ø Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya..
Menanya
v Mengapa kita harus beriman kepada malaikat?
v Apa
yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat?
Mengumpulkan Data ( Eksplorasi )
v
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh
perilaku beriman kepada Malaikat.
v
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
v
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku beriman kepada
Malaikat di rumah.
Mengasosiasi
v Membuat
kesimpulan tentang makna beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT.
Mengkomunikasikan
v Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
c. Kegiatan
Akhir (Penutup) ( 15 Menit )
v Guru melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya
v Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberi tugas individu ataupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai.
v Menyampaikan rencana tindak lanjut pada
pertemuan berikutnya
v Menutup kegiatan pembalajaran dengan
hamdalah dan do’a kifaratul majlis
PERTEMUAN 2
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal ( 20 Menit )
v Gurumembuka atau memulai pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama yang dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan khusu.
v Guru menyapa peserta didik dengan
memberikan motivasi
v Guru meminta seorang peserta didik
membacakan Q.S. At Tahrim :
6, tentang iman kepada malaikat Allah.
v Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif yang berkenaan dengan tentang iman kepada malaikat Allah.
v Guru menjelaskan secara kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
v Guru menyampaikan tahapan kegiatan
pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data (eksplorasi),
mengaosiasi dan mengkomunikasikan iman kepada Malaikat Allah.
b. Kegiatan
Inti ( 100 Menit )
Dalam kegiatan inti, guru melakukan
beberapa kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
Ø
Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh perilaku beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
Ø Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya..
Menanya
v Apa
yang harus dilakukan oleh orang yang beriman kepada malaikat?
Mengumpulkan Data ( Eksplorasi )
v
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
v
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku beriman kepada
Malaikat di rumah.
Mengasosiasi
v Membuat
kesimpulan perilaku orang beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT.
Mengkomunikasikan
v Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku orang yang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
c. Kegiatan
Akhir (Penutup) ( 15 Menit )
v Guru melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya
v Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberi tugas individu ataupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai.
v Menyampaikan rencana tindak lanjut pada
pertemuan berikutnya
v Menutup kegiatan pembalajaran dengan
hamdalah dan do’a kifaratul majlis.
PERTEMUAN 3
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan
Awal ( 20 Menit )
v Gurumembuka atau memulai pelajaran dengan salam dan berdo’a bersama yang dipimpin oleh
seorang peserta didik dengan khusu.
v Guru menyapa peserta didik dengan
memberikan motivasi
v Guru meminta seorang peserta didik
membacakan Q.S. At Tahrim :
6, tentang iman kepada malaikat Allah.
v Guru mengajukan pertanyaan secara
komunikatif yang berkenaan dengan tentang iman kepada malaikat Allah.
v Guru menjelaskan secara kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
v Guru menyampaikan tahapan kegiatan
pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan data (eksplorasi),
mengaosiasi dan mengkomunikasikan iman kepada Malaikat Allah.
b. Kegiatan
Inti ( 100 Menit )
Dalam kegiatan inti, guru melakukan
beberapa kegiatan sebagai berikut:
Mengamati
Ø
Mencermati bacaan teks tentangmakna dan contoh perilaku beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
Ø Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya..
Menanya
v Berikan
minimal tiga contoh perilaku orang yang beriman kepada malaikat-malaikat Allah
?
Mengumpulkan Data ( Eksplorasi )
v
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
v
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku beriman kepada
Malaikat di rumah.
Mengasosiasi
v
Membuat kesimpulan perilaku orang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
Mengkomunikasikan
v Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku orang yang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
c. Kegiatan
Akhir (Penutup) ( 15 Menit )
v Guru melaksanakan penilaian dan refleksi
dengan mengajukan atau tanggapan dari peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk langkah perbaikan selanjutnya
v Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan
memberi tugas individu ataupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai.
v Menyampaikan rencana tindak lanjut pada
pertemuan berikutnya
Menutup kegiatan
pembalajaran dengan hamdalah dan do’a kifaratul majlis.
G. PENILAIAN
v
Tugas :
Ø
Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel
tentang perilaku yang mencerminkan
kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT).
v
Observasi :
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat:
Ø Peserta
didik melakukan pengamatan terhadap
perilaku menghayati nilai-nilai keimanan
kepada Malaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di
lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
v Fortolio :
Ø
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
Ø
Membuat
paparan analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat
v
Tes Tertulis
Ø
Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal
pilihan ganda dan uraian tentang iman
kepada malaikat
v Tes Lisan
Ø
Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku
orang-orang yang beriman kepada
malaikat
Kepala Sekolah
............................................
|
Gemolong, 15 Juli 2013
|
Komentar
Posting Komentar